Program Studi Agribisnis Melepas 160 Mahasiswa MBKM di Puluhan Instansi

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember melepas keberangkatan 160 mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ke Puluhan Instansi pada hari Minggu, 28 Agustus 2022.

Pelepasan dilakukan oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember, Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P., Koordinator Program Studi Agribisnis, Agus Supriono, S.P., M.Si. dan sejumlah dosen di lingkungan Program Studi Agribisnis.

Dekan Fakultas Pertanian mengatakan , program MBKM yang dilakukan oleh mahasiswa dilakukan selama empat bulan, yang dimulai bulan September hingga Desember 2022.

Jumlah mahasiswa yang berkegiatan MBKM sebanyak 160 mahasiswa. Kegiatan MBKM ini terbagi dari beberapa kegiatan yaitu Pertukaran Pelajar sebanyak 26 mahasiswa (1 mahasiswa program IISMA, 5 orang mengikuti program PMM, dan 20 orang mengikuti program PKKM), Magang di Perusahaan Pertanian sebanyak 68 orang (65 mahasiswa mengikuti program PKKM, dan 3 mahasiswa mengikuti Maching fund), Asistensi Mengajar atau Kampus Mengajar sebanyak 2 mahasiswa, Program Penelitian/Riset sebanyak 11 orang (1 mahasiswa program IsDB Project, dan 10 Mahasiswa program MBKM), Program Kewirausahaan  sebanyak 32 Mahasiswa, dan Program Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik sebanyak 21 mahasiswa.

Program MBKM ini melibatkan banyak instansi seperti PT UD Tani Jaya, KSU Ketakasi, PT Lesos, PT Saraswanti, PT Kusuma Agrowisata, UPT PBH Pasuruan, CV GMU, UPT Lembaga Tembakau Balitjitro, PT Binamitra, PAI Batu Malang, Desa Sumber Tengah, Desa Poncogati, Desa Gadingsari, Desa Binakal, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jenderal Soedirman, dan Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Kegiatan MBKM yang dilaksanakan oleh Program Studi Agribisnis akan dikonversi menjadi 20 SKS.

Dekan dan Koordinator Program Studi berharap mahasiswa MBKM bisa menjaga almamater dan dapat mengaplikasikan teori yang diterima di bangku kuliah. Selain itu, peningkatan attitude seperti public speaking juga harus dikuasai mahasiswa.

Program studi Agribisnis mengucapkan terima kasih kepada instansi yang terlibat dan dosen yang telah membimbing anak didiknya.

Salah satu orang mahasiswa mengatakan bahwa program MBKM ini berharap dapat menambah pengalaman dan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan di kampus.

Acara pelepasan ini juga dihadiri oleh Komisi Kerjasama, dan sejumlah dosen di lingkungan Program Studi Agribisnis