Kuliah Kerja Nyata

KKN Reguler (Back to Village)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu mata kuliah dengan tujuan utama untuk memberikan pengalaman pengabdian dan pemberdayaan masyarakat kepada mahasiswa. Melalui KKN mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam bentuk keterlibatan dalam peran dimasyarakat dan memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun masyarakat. Proses KKN mempunyai ciri khusus yang memadukan antara teori dengan praktek, sehingga memerlukan landasan idiil yang secara filosofi akan memberikan gambaran dan pengertian yang utuh tentang apa, bagaimana, dan untuk apa KKN dilaksanakan. Landasan idiil ini secara filosofis akan memberikan petunjuk serta pengendalian pola pikir dan pola tindakan dalam setiap proses penyelenggaraan yang akan membedakan dari bentuk-bentuk kegiatan lain. Oleh karena itu, pelaksanaan KKN sekurang-kurangnya mengandung lima aspek yang bernilai fundamental dan berwawasan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan lainnya, yaitu: (1) keterpaduan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi; (2) pendekatan interdisipliner dan komprehensif; (3) lintas sektoral; (4) dimensi yang luas dan kepragmatisan, serta (5) keterlibatan masyarakat secara aktif. 

Sebagai salah satu lembaga Pendidikan Tinggi, Universitas Jember mempunyai visi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif dan berkelanjutan. Untuk itu diperlukan aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa melalui penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta peningkatan kepekaan, kepedulian dan semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. KKN merupakan salah satu manifestasi kepedulian Universitas Jember terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negara. Dalam pelaksanaannya mahasiswa diberi pengetahuan untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus, secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat dalam upayanya meningkatkan pemahaman dan kemampuan bagi mahasiswa dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi.

Perkembangan negara saat ini dengan adanya bencana Pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya Physical /Social Distance berdampak pada upaya yang harus dilakukan dengan melakukan refocusing model KKN yang akan dijalankan. Salah satu perubahannya adalah KKN yang biasanya dilakukan secara kelompok (tim) maka pada KKN saat ini dilakukan dengan secara mandiri (individu), KKN yang biasanya dilakukan di lokasi yang ditentukan oleh LP2M (berbasis desa binaan) maka saat ini ditentukan sendiri mahasiswa berdasarkan lokasi domisili (kampung halaman) atau dapat memilih lokasi diluar domisili dengan alasan tertentu misal tidak ada mobilisasi atau pergerakan lokasi yang keluar dari kaidah protokoler di masa Pandemi Covid-19. Perubahan atau refocusing Model KKN Ini tentunya tidak lepas dari kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial yang meminimalisir adanya aktifitas yang  melibatkan banyak orang serta dengan adanya pergerakan mahasiswa dari tempat (domisilinya) saat ini. 

Mengacu pada kondisi tersebut dan tuntutan untuk menyesuaikan melalui refocusing Program KKN, maka mahasiswa diberikan opsi untuk menentukan sendiri program yang akan dilakukan dengan pilihan opsi tematik Program KKN sebagai berikut:

1) Program Kemanusiaan Pencegahan Covid-19;

2) Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat/UMKM Terdampak Covid-19;

3) Program Kegiatan Inovasi TeKnologi/Informasi dalam Penanganan Covid-19;

4) Program Pemberdayaan BUMDES/Pemerintahan Desa dalam Memperkuat Jejaring Pengaman Sosial Desa Saat Pandemi Covid-19; dan

5) Program Inovasi Pembelajaran Terutama Anak Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah yang Terdampak Covid-19.

Semua program yang telah dikonsep mahasiswa hendaknya mengikuti protokol dan aturan pemerintah dalam masa physical/social distance di antaranya meminimalisir aktifitas pertemuan fisik, atau kegiatan dijalankan dengan mengikuti standart protokol kesehatan. Program KKN tetap menggunakan durasi waktu 45 hari dengan mengikuti pedoman yang ditetapkan.

 

Buku Pedoman dapat diunduh pada link PANDUAN KKN BACK TO VILLAGE PDF

KKN RELAWAN COVID 19

Mahasiswa KKN sebagai relawan dalam pencegahan COVID19 melalui kegiatan penyediaan informasi dan eduasi, bakti sosial dalam masa tanggap darurat dalam pencegahan COVID19. Program ini akan dikoordinasikan dan untuk mendukung tugas POSCOVID UNEJ. KKN ini tergabung dalam Tim Relawan Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Corona Virus Disease (TTDKBC). Pelaksanaan KKN Periode 1 telah dilaksanakan pada 15 Juni s.d 30 Juli 2020. Sedangkan Periode 2 akan dilaksanakan pada 15 Agustus s.d. 30 September 2020.

 

Buku Pedoman dapat diakses pada link PANDUAN KKN RELAWAN COVID 19