Studio Radio Sosial Ekonomi Pertanian (Radis) merupakan studio radio komunitas yang mengembangkan radio sebagai wahana belajar mahasiswa dalam penyiaran (broadcasting) dan jurnalistik dalam bidang agribisnis.

Studio audio visual terdiri dari studio produksi dan studi penyiaran (Broadcast). Studio produksi memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk membuat alat bantu siaran. Studio penyiaran memberikan keterampilan kepada mahasiswa agar mampu mengemas informasi baru dalam bentuk naskah siaran dan menyiarkannya melalui radio. Sebagai dampak tidak langsung diharapkan lulusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember mempunyai tambahan keterampilan sebagai penulis berita, penyaji berita, penyiar atau presenter serta sebagai komunikator bidang pertanian yang handal. Dengan bekal keterampilan tersebut diharapkan lulusan bias cepat diserap pasar setidaknya mereka dapat melakukan kegiatan wirausaha yang mandiri.

Kegiatan kuliah dan praktikum di dalam Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian sangat bergantung dengan studio-studio yang terdapat di dalamnya diantaranya adalah melalui media penyiaran di Studio Radio Sosial Ekonomi Pertanian (RADIS). Agar kegiatan pelaksanaan siaran dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang diinginkan, maka perlu adanya standard operating procedure (SOP). Oleh karena itu, standard operating procedure (SOP) ini disusun dan dimaksudkan  sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan di studio RADIS bagi pihak-pihak terkait di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jember.

 

VISI DAN MISI RADIS

Adapun visi dan misi RADIS FM dapat diuraikan sebagai berikut:

Visi : “Menyelenggarakan layanan jasa informasi pendidikan melalui proses belajar yang berkesinambungan dengan memegang teguh prinsip ‘Leraning By Doing’.

Misi :

  1. Mewujudkan ketajaman menganalisis dan kreativitas berfikir mahasiswa terhadap masalah yang berkembang yang diwujudkan dalam bentuk siaran radio.
  2. Mewujudkan kedekatan civitas akademika dengan masyarakat melalui aktivitas pengabdian masyarakat melalui siaran radio.
  3. Mewujudkan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi kepada masyarakat luas.
  4. Mewujudkan kualitas dan kompetensi lulusan yang berdaya saing sesuai dengan tuntutan era globalisasi.

 

Target pendengar : anak muda, kalangan dewasa, maupun orang tua yang aktiv, dinamis dan kritis.

Content siaran:

Pengetahuan 70 % yaitu pengetahuan umum 40% dan pengetahuan bidang pertanian 60%.

Music 30% yaitu 50% lagu barat, 50% lagu Indonesia.