Prodi Agribisnis Sukses Menyelenggarakan Workshop Manajemen Referensi untuk Publikasi Ilmiah dan Tugas Akhir: Mendeley Tips dan Trik

Jember-Dosen dan Mahasiswa sebagai civitas akademika memiliki tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang perlu dilakukan. Salah satu tugas tersebut berupa penelitian dan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah dapat berupa artikel ilmiah ataupun berupa artikel berita. Tentunya, dalam melakukan publikasi ilmiah saat ini sangat dibutuhkan manajemen referensi yang baik agar kualitas tulisan dalam artikel ilmiah tetap baik. Selain itu, Mahasiswa juga membutuhkan manajemen referensi untuk tugas akhir mereka. Salah satu software yang digunakan adalah aplikasi Mendeley. Hal ini lah yang melatarbelakangi kegiatan Webinar dan Workshop Program Studi Agribisnis yang berjudul “Manajemen Referensi untuk Publikasi Ilmiah dan Tugas Akhir: Mendeley Tips and Trick”. Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2020.

Pada pelaksanaan webinar berlangsung dengan lancar dimana peserta yang ikut sebanyak 200 peserta. Peserta berasal dari kalangan mahasiswa atau pun Dosen baik yang berasal dari Universitas Jember maupun dari luar Universitas Jember.  Kegiatan webinar ini menghadirkan narasumber dari Program Studi Agribisnis yaitu Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M.Rur.M. Pada kegiatan ini pemateri menyampaikan bahwa Mendeley adalah software yang paling banyak dan sering digunakan oleh civitas akademika untuk mengelola referensinya. Aplikasi mendeley memiliki dua platform yaitu mendeley dekstop dan mendeley mobile. Sebelum melakukan manajemen referensi, perlu diinstal terlebih dahulu mendeley dengan melakukan register di www.mendeley.com. Mendeley dekstop bisa diintegrasikan dengan Ms. Word dengan menu plug in. 

Selama diskusi berlangsung, pemateri menyampaikan tips dan trick dalam manajemen referensi, yaitu penambahan data dalam aplikasi mendeley bisa menggunakan data pdf yang didownload, menggunakan web importer, atau dengan melalui input manual. Untuk menghindari plagiarisme dalam manajemen referensi perlu dilakukan parafrase dalam kalimat atau paragraf yang dimasukkan ke dalam artikel jurnal atau tugas akhir. Kelebihan mendeley juga dapat dilakukan share file dan mengedit secara bersama-sama melalui grup di mendeley. Harapannya dengan adanya workshop ini, para dosen dan mahasiswa dapat mengaplikasikannya dalam artikel jurnal maupun tugas akhir. (AZ, PS Agribisnis, 2020)